Senin, 02 April 2012

Naskah Drama Seni Budaya “ HANTU BAWANG”


    Di sebuah SMA ada sekelompok anak-anak yang sangat popular di kalangan murid lainnya. Mereka terdiri dari lima orang anak, yaitu Muti, Lely, Akmal, Ayu, dan Anjani.
      Di suatu hari, kelima anak itu sedang ayik mengobrol di kantin sekolah mereka. Ayu yang ternyata naksir sama Akmal mencoba untuk menggoda Akmal.
Ayu : “ Akmal… kamu enggak pesan bakso? “
Akmal : “ enggak deh yu, udah kenyang “
Ayu : “ aku bayarin deh! “
Muti : “ bayarin pake apa yu? Pake cinta? (ketawa) “
Lely : “ iya yu? kamu aja itu beli bakso minjem uang aku “
Anjani : “ Muti..Lely.. kalian gak boleh ngejek-ngejek Ayu kyaka gitu, niat dia kan baik mau
                 bayarin Akmal “
Ayu : “ tuh dengerin tuh kata Anjani! “
Muti : “ iya iya, asal jangan lupa bayar utang soto yang kemaren aja! ”
Ayu : “ oh iya aku lupa! “
Akmal : “ kamu aja masih banyak utang pake mau bayarin aku segala “
( semua tertawa )

      Saat mereka berlima sedang ayik tertawa, tanpa sengaja Ina seorang gadis lugu dan culun tersandung dan menumpahkan minuman yang dia bawa ke Muti.
Muti : “ oh my god! Liat ini perbuatan kamu (berdiri) “
Ina : “ ma..maaf aku gak sengaja (menunduk) “
Lely : “ maaf kata kamu? (menghampiri Ina) “
Ayu : “ ini sih gak bias di maafin Mut ! “
Muti : “ bener kata temen-temen aku, kamu tau gak ini baju beli dimana? “
Anjani : “ beli di pasar jati Negara kan Mut? “
Ayu dan Lely : “ Anjaniii ! “
Anjani : “ loh? Benerkan? “
(menghiraukan Anjani)
Muti : “ aku gak mau tau, kamu juga harus ngerasain (menumpahkan air ke Ina)
Ayu : “ gimana rasanya? “
Lely : “ ini akibatnya kalau kamu berani macem-macem sama kita (mendorong Ina sampai jatuh)

      Akmal yang sedari tadi hanya diam melihat perlakuan teman-temannya kini mulai bertindak.
Akmal : “ kamu tidak apa-apa? (menghampiri ina) “
Ina : “ a..aku gak apa-apa kok “
Akmal : “ kalian apa-apaan sih? Apa pantas memperlakukan orang seperti ini? (membantu ina bangun)
Muti : “ tapi kamu liat kana pa yang udah dia lakuan ke aku? “
Akmal : “ mungkin aja dia gak sengaja, lagi pula dia juga udah minta maaf kan? “
Muti : “ terserah kamu deh (meninggalkan akmal dan yang lain) “
Anjani : “ tunggu mut aku ikut (menyusul muti) “
Ayu : “ tapi mut, kok akmal ditinggalin? Aku nemenin akmal aja deh “
Lely : “ (menarik tangan ayu) kamu jangan buat ini semua tambah kacau “

      Sementara muti, anjani, ayu, dan lely pergi. Tinggalah akmal hanya berdua dengan ina.
Ina : “ ma..maafin aku ya “
Akmal : “ kenapa kamu minta maaf? “
Ina : “ gara-gara aku, temen-temen kamu jadi marah sama kamu “
Akmal : “ udah biarin aja, nanti juga baik sendiri mereka. Oh iya bay the way aku akmal (mengulurkan tangan)
Ina : aku ina (menjabat tangan akmal)

      Semenjak kejadian di kantin, akmal dan ina jadi sering bersama-sama. Ayu yang tanpa sengaja melihat kejadian itu langsung kesal dan melaporkan kepada teman-temannya.
Muti : “ kamu liat mereka berduaan dimana? “
Ayu : “ di lapangan, aku liat mereka lagi ngobrol mesra gitu (menangis tersedu-sedu) “
Lely : “ wah, gak bias dimaafin mut. Anak culun itu perlu kita kasih pelajaran “
Anjani : “ di kasih pelajaran apa lel? Kita aja nilai masih dibawah KKM kok malah mau ngajarin orang? “
Muti : “ aduhh… anjani, bias pecah lama-lama kepala aku “
Anjani : “ kamu sakit mut? Sakit apa? Udah kedokter? Orang tua kamu udah tau? “
Lely : “ besok aku bawa lakban deh, buat nyatuin otak anjani yang kececer “

       Besoknya mereka menjalankan rencana untuk ngerjain ina. Saat ina dan akmal keluar dari perpustakaan. Ina bingung mendapati sepatunya hilang.
Ina : “ sepatu aku mana ya? “
Akmal : “ bukannya tadi kamu taruh sini? “
Ina : “ seingatku sih begitu “
Akmal : “ coba deh inget-inget lagi “
(muti, lely, anjani, dan ayu dating)
Muti : “ ciyeee… ada yang kehilangan sepatu nih “
Lely : “ tadi sih aku liat ada di tiang bendera tuh! “
Ayu : “ ambil gih sana! “
Akmal : “ pasti ini ulah kalian kan? “
Muti : “ kok kamu nuduh kita gitu aja sih? “
Anjani : gak baik kalau suuzon “
Lely : “ apalagi ketemen sendiri “
Akmal : “ apaan sih kalian? “
Muti : “ kamu yang apaan mal? Ninggalin kita Cuma demi cewek culun kayak dia “
Anjani : “ gak ada bagus-bagusnya! “
Lely : “ mendingan juga ayu “
Ayu : “ makasih, jadi malu deh “
Akmal : “ kalian tuh ya! “
Ina : “ udah biarin aja mereka, mendingan kamu temenin aku ngambil sepatu! “
(akmal dan ina pergi meninggalkan muti,lely,anjani dan ayu)

        Mereka berempat tidak menyerah, esoknya pun mereka ngerjain ina lagi.
Ina : “ yaampun tas aku, buku-buku pelajaranku. Kenapa berantakan begini? “
Akmal : “ pasti ini kerjaan mereka. Aku perlu samperin! “
Ina : “ gak usah mal, aku gak apa-apa kok (membereskan buku) “
Akmal : “ serius?, yaudah deh (membantu ina) “

       Ina yang ternyata sudah naksir akmal sejak saat perkenalan pun bersiasat untuk menyatakan perasaannya. Namun karena malu akhiranya dia hanya bisa menyatakan lewat surat yang dia taruh di dalam tas akmal. Ayu yang diam-diam melihat, langsung mengambil surat itu begitu ina sudah keluar dari ruang kelas. Ayu pun memberikan surat itu kepada tema-temannya.
Ayu : “ mut liat deh apa yang aku bawa (menunjukan surat cinta ina)
Lely : “ surat cinta buat siapa tuh? “
Ayu : “ buat akmal “
Anjani : “ jadi kamu mau kirim surat cinta buat akmal? “
Ayu : “ bukan punya aku tapi punya si cupu “
Muti : “ WHAT? Jadi maksud kamu si cupu ngasih surat cinta ke akmal? “
Ayu : “ gitu deh “
Muti : “ sini (mengambil surat cinta dari tangan ayu) init uh bisa jadi bahan ampuh buat bikin si cupu malu abis! “

         Besoknya muti dan kawan-kawan sengaja ngumpul dilapangan untuk memulai aksinya.
Ayu : “ perhatian – perhatian “
lely : “ ayo semuanya kumpul! “
Anjani : “ ada pengumuman penting! “
Muti : (berdeham) dengerin ya! (membaca surat cinta ina)”

      Ina yang melihat surat cintanya dibaca oleh muti, langsung menghampiri muti.
Ina : “ balikin surat aku! (merebut surat cintannya) “
Lely : “ apa-apaan nih? “
Ayu : “ tau… main ambil aja! “
Ina : “ kenapa sih kalian jahat banget sama aku? “
Muti : “ harus gitu aku jelasin? (pergi meninggalkan ina diikutin ketiga temannya)

        Disebuah ruangan
Ina : “ mereka gak bisa dibiarin. Mereka harus mendapatkan balasan yang setimpal bahkan lebih! “

         Saat disekolah. Ayu mendapati sebuah suarta didalam tasnya.
Ayu : “ apaan nih? Kok tulisannya serem banget “
Lely : “ apaan tuh yu?  (membaca tulisan yang tertera di surat) “
Anjani : “ KAMU HARUS MATI? Serem banget “
Muti : “ ahh.. aplingan juga ada anak yang iseng! “

       Saat pulang sekolah
Anjani : “ udah sore, aku pulang duluan ya “
Lely : “ iyanih takut dicariin “
Ayu : “ yaudah kalian pulang duluan aja. Aku masih ada tugas “
Muti : “ yakin gak mau ditemenin? “
Ayu : “ gak usah, aku ke perpus sendiri aja! “

        Saat di perpustakaan
Ayu : “ huft.. ngantuk banget “
(tiba-tiba saja dari belakan ada seseorang berjubah mencekik ayu)
Ayu : “ aaaaaa…. Tolonggggg! “
(akhirnya ayu tewas ditempat)

       Keesokan harinya. Muti, lely, dan anjani sangat jaget mengetahui sahabatnya sudah tik bernyawa lagi. Disebelah mayat ayu terdapat secarik kertas dan sebuah bawang Bombay.
Muti : “ apaan nih? (membaca tulisannya) KEBENARAN HARUS TERUNGKAP?”
Anjani : “ apa ya maksudnya ? “
Lely : “ aku gak nyangka nasib kamu bakal kayak gini yu “
(akmal datang)
Akmal : “ ayu kenapa bisa jadi kayak gini? “
Lely : “ kita juga gak tau mal “
Muti : “ kemaren kita ninggalin dia sendirian disekolah “
Anjani : “ guys, liat deh kok ada bawang Bombay? (mengambil bawang Bombay)
Muti : “ aku rasa tidak. Yang jelas kematian ayu harus kita selidiki “

      Di ruang kelas
Akmal : satu sekolah pada ngomongin masalah hantu bawang Bombay “
Anjani : “ ngomong-ngomong lely kemana? “
Muti : “ ke toilet katanya “
Anjani : “ dasar beseran “
(tiba – tiba lely datang)
Lely : “ aku dapet surat ini pas di toilet (menunjukan surat) “
Muti : “ (membaca surat) ini kan sama kayak yang ada di tasnya ayu kemaren “
Akmal : “ maksud kamu? Ayu juga nerima surat begini ? “
Muti : “ iya mal, aku piker sih ini Cuma isengan anak – anak aja. Gak ada sangkut pautnya sama kematian ayu.

      Pulang sekolah
Lely : “ duhh… gue kebelit nih “
Muti : “ yaudah gih sana ke toilet dulu. Kita tungguin “
Anjani : “ cepetan ya !”

        Ditoilet, tiba-tiba saja dari belakang ada sesosok berjubah yang mencekik lely hingga tak bernyawa.

     Di gerbang
Muti : “ lely lama banget nih. Mana langit udah gelap! “
Anjani : “ mending kita susulin aja yuk! “

            Di toilet
Anjani : “ astaghfirullah “
Muti : “ lely? Kenapa bisa kayak gini? “
Anjani : “ mut liat deh “
Muti : “ lagi-lagi kertas dan bawang Bombay “

        Dikelas
Anjani : “ (membuka tempat pensil) yaampun, surat ini? Jangan-jangan aku korban selanjutnya?”
Muti : “ keterlaluan banget sih orang yang ngerjain kita “
Akmal : “ kita gak bisa diem terus. Pertama ayu, terus lely. Kita harus cari penyebab semua ini “
        Di musholah. (saat  Anjani sedang melipat mukenanya tiba-tiba saja dari belakang ada seseorang yang mencekik hingga anjani meninggal)

         Di ruang kelas
Muti : “ apa yang terjadi sebenarnya? Kenapa anjani juga? (tampak setres) “
(tiba-tiba saja ada sebuah buku yang dilempar kearah muti)
Muti : “ buku tulis siapa ini? (membuka buku). Astaghfirullah (melempar buku). Sekarang gue yang dapet surat ini. Apa gue korban selanjutanya? “
Suara asing (ina) : “ iya! Dan kamu yang akan merasakan penderitaan paling parah “
Muti : “ siapa kamu? Mau apa? “
Suara asing (ina) : “ kebenaran harus terungkap “
Muti : “ tolong … tolong (berusaha kabur) “
Suara asing (ina) : “ nasibmu akan sama dengan teman-temanmu! (mencoba mencekik) “
Muti : “ tidakkkkk…. (mengelak dan berhasil mebuka topeng) kamu kan si cupu? “
Ina : “ iya aku ina, dan kamu harus mati (mencekik muti hingga meninggal) “
(akmal tiba-tiba datang)
Akmal : “ ina… jadi kamu pelakunya? Kamu hantu bawang itu? Dan kamu juga yang sudah membunuh teman-temanku? “
Ina: “ akmal? Maafkan aku. Ini gak seperti yang kamu kira. Mereka hanya perlu diberi pelajaran”
Akmal : “ hanya karena balas dendam kamu tega ngelakuin ini semua?”
Ina : “ maafkan aku “
Akmal : aku gak bisa ngebiyarin ini semua. Kamu salah dan kamu perlu di hokum. Aku akan melaporkan ini ke pihak polisi (meninggalkan ina) “
Ina : “ tidaaaaakk… aku tidak mau dipenjara (melempar benda kea rah akmal) “

           Akmal pun meninggal akibat terkena lemparan yang begitu keras. Ina yang menyesal akan perbuatannya kepada akmal pun bunuh diri.



SELESAI

                                                             

4 komentar: